Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Polio

Apa yang dimaksud dengan polio

Apa yang dimaksud dengan polio

Polio merupakan penyakit yang menular dan berbahaya, terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Polio disebabkan oleh Enterovirus yang disebut virus Polio dan menyerang sistem saraf sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan.

Apa itu polio dan penyebabnya?

Penyakit polio disebabkan oleh infeksi virus polio. Virus tersebut menyebar melalui kontak langsung dengan feses penderita polio atau mengonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus polio. Selain itu, virus polio sering pula ditularkan lewat percikan air liur ketika penderita batuk atau bersin.

Polio menyerang apa?

Polio adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat menular, tetapi dapat dicegah dengan melakukan imunisasi polio.

Bagaimana gejala dari seseorang yang menderita penyakit polio?

Polio non-paralisis Gejala dari polio non-paralisis biasanya terjadi antara satu hingga sepuluh hari. Kemudian, menimbulkan beberapa tanda berupa muntah, lemah otot, demam, meningitis, mudah merasa lelah, sakit tenggorokan, sakit kepala, hingga rasa kaku dan sakit pada tangan, kaki, serta leher.

Apakah virus polio menular?

Manusia dapat tertular penyakit polio karena menelan virus polio. Hal ini bisa terjadi karena menelan makanan / minuman yang terkontaminasi tinja yang mengandung virus polio atau karena berbicara dengan orang yang menderita penyakit tersebut, cara penularan ini disebut Droplet Infection Peroral.

Bagaimana cara menghindari penyakit polio?

Cara mencegah polio Berikut caranya: Imunisasi polio yang biasanya dilakukukan saat bayi atau anak-anak. Vaksin ini ada 2 jenis, yakni vaksi salk (vaksi virus polio yang tidak aktif) dan vaksin sabin (vaksin virus polio yang aktif)

Kapan polio ditemukan?

Penyakit ini pertama kali diakui sebagai kondisi yang berbeda oleh Michael Underwood pada tahun 1789 dan virus yang menyebabkan polio pertama kali diidentifikasi pada tahun 1908 oleh Karl Landsteiner. Wabah besar mulai terjadi pada akhir abad ke-19 di Eropa dan Amerika Serikat.

Apakah orang yang terkena polio bisa sembuh?

Karena polio tidak bisa disembuhkan, melakukan tindakan pencegahan polio menjadi sangat penting. Cara paling efektif untuk mencegah polio adalah dengan imunisasi polio. Vaksin polio mampu melindungi tubuh dari penyakit polio dan aman diberikan pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sekalipun.

Polio menyerang usia berapa?

Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Pada awal abad ke-20, polio adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di negara-negara industri, melumpuhkan ratusan ribu anak setiap tahun.

Imunisasi polio dimana?

Sementara itu, IPV menggunakan virus polio yang dinonaktifkan dan diberikan melalui suntikan di lengan atas atau paha. Vaksin polio perlu diberikan sebanyak 4 kali, yaitu saat bayi baru lahir dan ketika bayi berusia 2, 3, serta 4 bulan. Jenis imunisasi polio pertama yang dianjurkan bagi bayi baru lahir adalah OPV.

Apakah polio bisa terjadi pada orang dewasa?

Meskipun kebanyakan pengidap polio adalah anak-anak, tetapi penyakit saraf ini juga bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan vaksin polio, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa, agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Apakah penyakit polio merupakan penyakit keturunan?

Penyakit polio disebabkan oleh infeksi poliovirus dan penularannya terjadi melalui rute fekal-oral. Artinya makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja penderita polio masuk ke mulut orang sehat. Dari penjelasan ini jelas bahwa penyakit polio tidak diturunkan pada generasi berikutnya.

Siapa yang menemukan virus polio?

Jonas Salk paling dikenal melalui penemuan dan pengembangan vaksin polio pertama yang aman dan efektif. Dia lahir di New York City, di mana orang tuanya adalah imigran Yahudi-Rusia.

Bagaimana cara mencegah penyakit polio pada bayi?

Vaksin untuk Penyakit Polio

  1. Vaksin IPV (suntik) Vaksin IPV atau yang diberikan dengan cara disuntik ini berisi virus polio yang sudah dinon-aktifkan sehingga tidak akan membuatnya jadi terinfeksi.
  2. 2. Vaksin OPV (Oral Polio Vaccine atau Vaksin Polio Oral)

Siapa Penemu polio?

7 Fakta Jonas Salk, Ilmuwan Dunia Penemu Vaksin Polio.

Mengapa virus polio ini begitu ditakuti?

Penyakit polio pernah ditakuti oleh seluruh masyarakat dunia karena menyebabkan cacat dan kematian pada anak-anak. Bagaimana tidak? Sebelum Dr. Jonas Salk mengembangkan vaksin anti-polio pada tahun 1955, penyakit ini setidaknya telah melumpuhkan antara 13.000 – 20.000 anak per tahunnya.

Mengapa virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan?

Penyakit polio adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus polio. Virus dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui rongga mulut, kemudian masuk ke saluran pencernaan, aliran darah dan akhirnya ke sistem saraf pusat. Masuknya virus ke sistem saraf pusat dapat menyebabkan kelumpuhan pada penderitanya.

Penyakit polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin apa?

Vaksin polio ada 2 macam, yaitu vaksin polio oral atau oral polio vaccine (OPV) dan vaksin polio tidak aktif atau inactivated polio vaccine (IPV). OPV mengandung virus polio hidup yang dilemahkan, sedangkan IPV menggunakan virus yang tidak lagi aktif. Pemberian vaksin polio jenis OPV ditetes melalui mulut.

Apa manfaat imunisasi polio?

Apa Manfaat Imunisasi Polio Imunisasi anak polio bermanfaat untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Vaksin anak dapat menekan risiko tertular virus polio hingga dewasa. Bila sudah mendapatkan vaksin polio saat berusia kanak-kanak, orang dewasa pada umumnya tidak lagi memerlukan imunisasi.

Pentingkah imunisasi polio?

Fungsi dan manfaat imunisasi polio adalah mencegah penyakit polio atau lumpuh layu yang bisa membuat kelumpuhan, bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Polio termasuk ke dalam imunisasi anak yang wajib diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan bersamaan dengan vaksin hepatitis B, DPT, dan HiB.

14 Apa yang dimaksud dengan polio Images

6281903721943 WA Kacamata Komputer Terbaik Di Jakarta Bogor

6281903721943 WA Kacamata Komputer Terbaik Di Jakarta Bogor

Pin on Jung Jaehyun  Jeffrey

Pin on Jung Jaehyun Jeffrey

Pernah gak sih tiba2 lupa mau ngomong apa atau mau ngelakuin sesuatu

Pernah gak sih tiba2 lupa mau ngomong apa atau mau ngelakuin sesuatu

Kombinasi warna Coklat 317x500  Contoh kombinasi warna yang cocok

Kombinasi warna Coklat 317x500 Contoh kombinasi warna yang cocok

Business Operational Plan Template Beautiful Apa Yang Dimaksud Dengan

Business Operational Plan Template Beautiful Apa Yang Dimaksud Dengan

Contoh Cv Kreatif Beasiswa  Cv kreatif Creative cv template Resume

Contoh Cv Kreatif Beasiswa Cv kreatif Creative cv template Resume

Pin on    Color combinations for clothes Mix and match

Pin on Color combinations for clothes Mix and match

How to mix and match your dress and hijab 2  Mix match outfits Mix

How to mix and match your dress and hijab 2 Mix match outfits Mix

Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kita tawakkal

Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kita tawakkal

upper motor neuron vs lower motor neuron  Google Search  Medical

upper motor neuron vs lower motor neuron Google Search Medical

Memahami hubungan struktur pondasi sloof kolom dan ringbalok pada

Memahami hubungan struktur pondasi sloof kolom dan ringbalok pada

Instagram photo by Mujahidah Islam  May 14 2016 at 1110pm UTC

Instagram photo by Mujahidah Islam May 14 2016 at 1110pm UTC

apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan pada manusia  http

apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan pada manusia http

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Polio"